Pages

Senin, 20 Desember 2010

Individu , keluarga , dan masyarakat

Untuk membahas suatu tema tentang INDIVIDU , KELUARGA , dan MASYARAKAT. Lebih baiknya kita untuk mengetahui apa sih itu yang di sebut individu, keluarga, dan masyarakat. Apa juga hubungan di antara ketiga unsur tersebut?

Pengertian Individu merupakan seorang manusia yang tidak hanya memiliki peran khas di dalam lingkungan sosialnya saja, melainkan juga memiliki kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya. Dalam suatu individu umumnya, merasakan dan mengalami pertumbuhan dalam dirinya. Pertumbuhan yang artinya bertambahnya suatu ukuran, umur ataupun sel yang ada dalam tubuh kita dan bersifat mutlak, yang bermaksud tidak dapat di kembalikan ke semula lagi. Dengan mengalami pertumbuhan, mungkin ada beberapa faktor yang mempengaruhi jalannya pertumbuhan. Faktor tersebut di antaranya :
1.Pendirian nativistik
2. Pendirian empiris dan environmentalistik
3. Pendirian konvergensi dan interaksionisme
4. Tahap pertumbuhan individu berdasar psikologi, antara lain :
a. Masa vital
b. Masa estetik
c. Masa intelektual (keserasian bersekolah)
d. Masa remaja (pra-remaja-remaja-usia mahasiswa)

Keluarga merupakan suatu kelompok yang selalu ada di saat kita butuh atau pun kita ada masalah. Selalu membantu di saat kita butuhkan, tidak ada satupun yang bisa menggantikan keluarga. Selain itu, ada 5 macam fungsi keluarga yaitu :
1. Fungsi Biologis
2. Fungsi Pemeliharaan
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Keagamaan
5. Fungsi Sosial

Masyarakat itu sendiri merupakan kumpulan manusia yang relatif mandiri, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan , kebiasaan ataupun apapun yang berbeda. Masyarakat penuh dengan keragaman. Walapun membutuhkan keluarga kita juga membutukan adanya masyarakat. Masyaraka pun memiliki golongan antara lain.

Hubungan antara ketiganya sangatlah erat. Baik antara individu dengan masyarakat. Individu dengan keluarga pasti akan melakukan suatu Interaksi. Contohnya di rumah kita berinteraksi dengan orang tua kita, saudara-saudara kita dan dengan lingkungan sekitar rumah kita. Di Kampus kita juga melakukan Interaksi dengan para dosen dan mahasiswa satu dengan yang lainnya.

Urbanisasi

Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi sering terjadi di kota-kota besar di Indonesia khususnya kota DKI Jakarta. Umumnya, mereka datang ke Jakarta karena factor ekonomi. Banyak orang yang berpendapat kalau di kota besar hidupnya akan menjadi lebih baik. Hal ini tidak benar, karena di daerah pedesaan juga dapat di buka lapangan pekerjaan yang dimana akan lebih baik dari pada kota besar. Dengan padatnya penduduk di ibu kota Indonesia yaitu Jakarta, sebaiknya seluruh warga Negara khususnya pemerintahan dapat mengatasi hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar