Pages

Rabu, 10 Juli 2013

Batik



Batik adalah seni dan kerajinan tangan yang menjadi lebih populer dan dikenal di Barat sebagai media sangat kreatif. Seni kain dekorasi dengan cara ini, dengan menggunakan lilin dan pewarna, telah dipraktekkan selama berabad-abad. Di Jawa, Indonesia, batik merupakan bagian dari tradisi kuno, dan beberapa terbaik kain batik di dunia masih dibuat di Jawa. Kata batik berasal dari Jawa dan tik berarti titik.

Untuk membuat batik, pilih area kain terhalang dengan menyikat atau menggambar lilin panas di atas kain, dan kain tersebut kemudian dicelup. Bagian-bagian yang tercakup dalam lilin menolak pewarna dan tetap warna asli. Proses waxing dan pencelupan dapat diulang untuk membuat desain lebih rumit dan berwarna-warni. Setelah pencelupan akhir, lilin dihapus dan kain siap pakai.

Batik kontemporer,sangat berbeda dari gaya yang lebih tradisional dan formal. Sebagai contoh, artis dapat menggunakan etsa, pencelupan debit, stensil, alat yang berbeda untuk waxing dan pencelupan, resep lilin dengan berbagai menolak nilai-nilai dan bekerja dengan sutra, katun, wol, kulit, kertas atau bahkan kayu dan keramik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar