Pages

Senin, 01 Oktober 2012

GRAFIK DAN PENGOLAHAN CITRA

GRAFIK KOMPUTER
merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi objek maupun latar belakang yang mengandung pada gambar tersebut.


  • Desain, Dalam proses desain grafika komputer terutama digunakan pada sistem engineering dan arsitektur. Pada umumnya Computer Aided Design (CAD) digunakan untuk pembuatan desain mobil, bangunan, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil, dan lain-lain
  • Grafik Presentasi, Grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, sains, data ekonomi, dan lain-lain. Bentuk grafik presentasi tersebut adalah chart, bar chart, pie chart, dan lain-lain.
  • Computer Art, Metode grafika komputer digunakan dalam aplikasi commercial art dan fine art. Seniman menggunakan bermacam-macam perangkat lunak grafik, dan kadang dilengkapi dengan perangkat keras khusus. Contoh perangkat lunak yang digunakan yaitu Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Macromedia, dan sebagainya.
  • Film, Pada pembuatan film layar lebar, komputer banyak digunakan untuk menunjang proses pemodelan, visualisasi, dan editing. Misalnya dalam proses special effect, film animasi.

PENGOLAHAN CITRA adalah salah satu cabang ilmu informatika yang berusaha untuk melakukan transformasi suatu citra atau gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.
contoh aplikasi pengolahan citra dalam berbagai bidang kehidupan:
·    Bidang militer
 -> Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor
 -> Mengidentifikasi pesawat musuh melalui radar.
·    Bidang Medis / Kedokteran
      -> Mendeteksi retak atau patah tulang dengan CT Scan
 -> Rekonstuksi foto janin (USG)
·    Bidang Perdagangan
      -> Pembacaan barcode pada barang di swalayan
·    Bidang Pendidikan
      -> Pengolahan pendaftaran Mahasiswa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar